Kamis, 12 Februari 2009

Rencana Pelaksanaan Pemelajaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : XI/ 4
Pertemuan ke : 1 - 8
Standar kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara
Level elementary/ B5
Alokasi waktu : 32 x 45 menit
Kompetensi Dasar : 2.5 Mengungkapkan berbagai macam maksud hati

Indikator :
a. Ungkapan-ungkapan untuk menyampaikan undangan digunakan dengan tepat.
b. Ungkapan-ungkapan untuk melakukan tawar-menawar (bargaining) digunakan dengan tepat.
c. Ungkapan-ungkapan untuk menyatakan kepastian (certainty) digunakan dengan tepat.
d. Ungkapan-ungkapan untuk memberi dan merespon pujian digunakan dengan tepat.
e. Ungkapan-ungkapan untuk menyatakan pendapat/opini digunakan dengan tepat.
f. Ungkapan-ungkapan untuk menyatakan persetujuan (agreeing-disagreeing ) digunakan dengan tepat.
g. Ungkapan-ungkapan untuk menyatakan argumentasi digunakan dengan benar.


I. Tujuan Pemelajaran:
◘ Pertemuan Ke- 1 dan Ke-2
Setelah selesai proses pemelajaran siswa dapat :
- Menyimak berbagai macam ungkapan untuk menyampaikan undangan digunakan dengan tepat.
- Menyimak berbagai macam ungkapan untuk melakukan penawaran digunakan
dengan tepat.
- Mengungkapkan dan merespon dengan baik ungkapan penawaran sesuai dengan harga yang diberikan.
- Mengungkapkan, merespon, dan menyampaikan ungkapan undangan dengan
baik.
- Membaca paragraf, e-mail/surat yang berisi ungkapan undangan; menerjemahkannya; menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan.
- Membaca paragraf, teks yang berisi tentang penawaran dan pembelian barang;
menerjemahkannya;menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan
isi bacaan.
- Menyusun dan atau melengkapi dialog yang berisi tentang suatu penawaran.
- Menyusun;melengkapi dan atau menulis dialog yang berisi tentang penyampaian undangan; menulis surat undangan yang sederhana.
◘ Pertemuan Ke- 3 dan Ke-4
Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat :
- Menyimak berbagai macam ungkapan untuk mengungkapkan kepastian, untuk memberi dan merespon pujian dengan tepat.
- Mengungkapkan dan merespon ungkapan tentang memberi pujian, suatu kepastian yang sesuai dengan situasi yang diberikan.
- Membaca paragraf, teks yang berisi tentang kepastian yang sangat penting, tentang ungkapan/pidato yang sederhana; menerjemahkannya; menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan tersebut.
- Menyusun dan melengkapi dialog yang berisi tentang memberi dan merespon
pujian dan berisi tentang sebuah kepastian.
◘ Pertemuan ke-5 dan Ke-6
Setelah selesai proses pemelajaran siswa dapat :
- Menyimak berbagai ungkapan untuk menyatakan persetujuan dan atau ketidaksetujuan dan untuk meyakinkan orang lain agar bersedia menerima pendapat dan atau usulan yang diajukandan diekspresikan dengan tepat.
- Mengungkapkan,merespon dan menyatakan ungkapan tentang peretujuan dan ketidaksetujuan dan tentang meyakinkan orang lain dengan usulan yang tepat.
- Membaca paragraf, teks/surat yang berisi percakapan tentang persetujuan/
ketidaksetujuan, dan tentang usulan yang dilakukan melalui surat; menerjemahkan; menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan.
- Menyusun; dan atau melengkapi dialog yang berisi tentang ungkapan untuk meyakinan orang lain dan yang berisi tentang setuju dan ketidaksetujuan.
◘ Pertemuan Ke – 7 dan Ke-8
Setelah selesai proses pemelajaran siswa dapat :
- Menyimak berbagai ungkapan untuk menyampaikan argumentasi sebagai pendukung pendapat dan atau usulan, dan dengan penggunaan grammar; conjunctions / concessive relationship.
- Mengungkapkan, merespon dan menyampaikan argumentai pada situasi yang diberikan.
- Membaca paragraf, teks yang berisi tentang menyampaikan argumentasi dalam sebuah diskusi; menerjemahkannya; menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan.
- Menyusun dan melengkapi dialog yang berisi tentang berbagai argumentasi dan tentang penggunaan conjunctions dengan tepat.
II. Materi Ajar:
◘ Pertemuan ke- 1 dan Ke-2
· Giving invitations
- Would you like to come to my place for dinner tonight, please ?
- With pleasure.
- I’m afraid I can’t, I’ve already got an appointment.
· Bargaining
- Is there any discount for this shirt?
- How about fifty thousand rupiahs ?
◘ Pertemuan Ke-3 dan ke-4
· Expressing certainty
- I’m sure that it’s going to rain this afternoon
- It must be him who called
· Giving and responding to compliments
- Fantastic!
- You look beautiful tonight
- Thank you
◘ Pertemuan ke-5 dan Ke-6
· Expressing opinions
- I think that’s not true
- What I have in my mind is that……….
· Expressing agreement/disagreement
- You’re right
- I’m afraid you’ve got wrong information, Sir
◘ Pertemuan ke-7 dan Ke-8
· Expressing argument
- Yes, but don’t forget……….
- That may be so but………
· Grammar Review
- Conjunctions/Consessive relationship
- Conjunctions with used to: be/get used to + V-ing and used to + Verb 1
- Noun clauses as subject: I never believe that there will be another rationalization
III. Metode Pemelajaran:
a. Indivual work
b. In pairs work
a. Group work
IV. Langkah-langkah Pemelajaran:
a. Kegiatan Awal
◘ Pertemuan Ke-1 s/d Ke-8
- Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan tentang ungkapan undangan, tawar-menawar, kepastian, memberi dan merespon pujian, menyatakan pendapat/opini, aggreing/disaggreeing dan ungkapan-ungkapan untuk menyatakan argumentasi.
b. Kegiatan Inti
◘ Pertemuan Ke-1 s/d Ke-8
● Listening
- Answering quetion based on dialogues about giving invitations, bargaining, expressing certainty, compliment, expressing opinions, agreeing/disagreeing, and arguing
● Speaking
- Performing dialogues based on given situation
● Reading
- Answering questions based on written text
● Writing
- Writing dialogues based on given situations

c. Kegiatan Akhir
◘ Pertemuan Ke-1 s/d Ke-8
1. Siswa diminta menyebutkan berbagai macam ungkapan untuk menyampaikan undangan, melakukan tawar-menawar, memyatakan kepastian, memberi dan merespon pujian, menyatakan pendapat, menyatakan persetujuan dan ketidaksetujuan, untuk menyatakan argumentasi
2. Siswa diminta untuk membuat dialog tentang berbagai macam ungkapan untuk menyampaikan undangan, melakukan tawar-menawar, memyatakan kepastian, memberi dan merespon pujian, menyatakan pendapat, menyatakan persetujuan dan ketidaksetujuan, untuk menyatakan argumentasi
3. Siswa melengkapi dialog tentang berbagai macam ungkapan untuk menyampaikan undangan, melakukan tawar-menawar, memyatakan kepastian, memberi dan merespon pujian, menyatakan pendapat, menyatakan persetujuan dan ketidaksetujuan, untuk menyatakan argumentasi
V. Alat/Bahan/Sumber belajar:
a. Practical English Usage
b. Global Access to the World of Work
c. Person to person
d. English for SMK (Angkasa)
VI. Penilaian:

a. Tes Lisan
- Melalui role playing/dialog
b. Tes Tertulis
- Melengkapi dialog,
- Menjawab pertanyaan
- Melengkapi kalimat
- Membuat dialog



Mengetahui, Bandar Lampung,
Kepala SMKN 2 Bandar Lampung Guru Mata Pelajaran




Ramli Jumadi, S.Pd., S.T Dra. Christina Widyaningsih
NIP. 130930226 NIP.131661053




RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : XI/ 4
Pertemuan ke : 9-14
Standar kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara
Level elementary/ B6
Alokasi waktu : 24 x 45 menit
Kompetensi Dasar : 2.6 Memahami instruksi-instruksi sederhana
Indikator :
a. Ungkapan-ungkapan untuk menggambarkan proses kerja dan atau berfungsinya suatu alat dikemukakan dengan benar
b. Ungkapan-ungkpan untuk meminta dan memberi saran dan nasehat (suggestions and advice) digunakan secara tepat
c. Ungkapan-ungkapan untuk menyatakan keharusan dan kewajiban (necessity and obligation) digunakan dengan tepat
d. Ungkapan-ungkapan untuk meyakinkan dan membujuk orang lain (convincing and persuading) agar menerima pendapat atau usulan yang diajukan digunakan dengan tepat
I. Tujuan Pemelajaran:
◘ Pertemuan Ke-9 dan Ke-10
Setelah selesai proses pemelajaran siswa dapat:
- Menyimak berbagai macam bentuk dan ungkapan untuk menggambarkan proses terjadinya suatu peristiwa dan atau berfungsinya suatu alat digunakan dengan tepat
- Mengungkapkan dan merespon ungkapan tentang proses terjadinya peristiwa berfungsi suatu alat
- Membaca paragraf, teks yang berisi tentang proses suatau alat; menerjemahkannya; menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan tersebut
- Menyusun; menggambarkan dan atau melengkapi dialog yang berisi tentang proses terjadinya peristiwa dan berfungsinya sebuah alat
◘ Pertemuan Ke-11 dan Ke-12
Setelah selesai proses pemelajaran siswa dapat:
- Menyimak berbagai macam ungkapan untuk meminta dan memberikan saran dan nasehat
- Mengungkapkan dan merespon ungkapan permintaan dan pemberian saran dan nasehat yang diberikan
- Membaca paragraf, teks yang berisi tentang meminta dan memberi saran dan nasehat; menerjemahkannya, menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan tersebut
- Menyusun atau melengkapi dialog yang berisi tentang meminta dan memberikan saran dan nasehat
◘ Pertemuan Ke-13
Setelah selesai proses pemelajaran siswa dapat:
- Menyimak berbagai bentuk ungkapan untuk mengungkapkan keharusan/ kewajiban mengerjakan sesuatu digunakan dengan tepat
- Mengungkapkan dan merespon ungkapan keharusan
- Membaca paragraf, teks yang berisi tentang keharusan/kewajiban mengerjakan sesuatu; menerjemahkannya; menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan tersebut
- Menyusun dan melengkapi dialog yang berisi tentang keharusan mengerjakan sesuatu
◘ Pertemuan Ke-14
Setelah selesai proses pemelajaran siswa dapat:
- Menyimak berbagai macam bentuk dan ungkapan untuk meyakinkan orang lain agar bersedia menerima pendapat dan atau usulan yang diajukan dan diekspresikan dengan tepat
- Mengungkapkan dan merespon ungkapan tentang meyakinkan orang lain dengan usulan yang tepat
- Membaca paragraf, surat peraturan yang berisi tentang usulan yang dilakukan melalui surat; menerjemahkannya; menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi jawaban tersebut
- Menyusun; dan atau melengkapi dialog yang berisi tentang ungkapan untuk meyakinkan orang lain
II. Materi Ajar:
◘ Pertemuan Ke-9 dan Ke-10
· Expressions used in describing proceses
- First, ............
- Next, ............
- Then, ............
- Finally, .........
◘ Pertemuan Ke-11dan Ke-12
· Expressions used in asking for and giving suggestion and advice
- What do you recommend for a headache?
- You’ d better see a doctor
◘ Pertemuan Ke-13
· Expression and asking necessity and obligation:
- We must be there before the boss comes
- It is necessary for us to be there on time
◘ Pertemuan Ke-14
· Expressions used in persuading and convincing:
- Why don’t you try our special drink bandrek to warm up your body
- If I were you, I would ……………….
- I’m sure you’re on the right track
- I bet you could do it
· Grammar Review:
- Degrees of comparison
- Imperatives
- Don’t smoke at the petrol station
- Keep silent; the baby is sleeping
III. Metode Pemelajaran:
a. Indivual work
b. In pairs work
c. Group work
IV. Langkah-langkah Pemelajaran:
◘ Pertemuan Ke-9 s/d Ke-14
a. Kegiatan Awal
· Mengecek kehadiran siswa
· Melakukan apersepsi
· Pre-test
b. Kegiatan Inti
◘ Pertemuan Ke-9 s/d Ke-14
· Listening
- Listening for information on how things work
- Dialogues about asking for and giving suggestions and advice, necessity and obligations, convincing, and persuading
· Speaking
- Telling about how things work
- Role playing how to ask for and give suggestions and advice
- Interviewing dialing with convincing and persuading, necessity, and obligations
· Reading
- Reading for information: Dialog passages
● Writing
- Making dialogues based on the situation provided
c. Kegiatan Akhir
1. Siswa diminta untuk menggambarkan proses kerja atau berfungsinya suatu alat
2. Siswa diminta untuk membuat dialog sederhana dengan menggunakan ungkapan-ungkapan untuk meminta dan memberi saran, menyatakan keharusan dan kewajiban dan untuk meyakinkan dan membujuk orang lain
3. Siswa melengkapi dialog tentang proses kerja, menggunakan ungkapan-ungkapan untuk meminta dan memberi saran, menyatakan keharusan dan kewajiban dan untuk meyakinkan dan membujuk orang lain
I. Alat/Bahan/Sumber belajar:
a. Practical English Usage
b. Global Access to the World of Work
c. Person to person
d. English for SMK (Angkasa)
II. Penilaian:
· Tes Lisan
- Menjelaskan proses kerja/cara mengoperasikan alat
· Tes Tertulis
- Menjawab pertanyaan
- Pilihan ganda
- Membuat dialog











Mengetahui, Bandar Lampung, Kepala SMKN 2 Bandar Lampung Guru Mata Pelajaran




Ramli Jumadi, S.Pd., S.T Dra. Christina Widyaningsih NIP. 130930226 NIP.131661053











RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : XI/ 4
Pertemuan ke : 15-16
Standar kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara
Level elementary/ B7
Alokasi waktu : 8 x 45 menit
Kompetensi Dasar : 2.7 Membuat pesan-pesan pendek, petunjuk dan daftar dengan pilihan kata, ejaan dan tata tulis yang berterima
Indikator :
a. Kata-kata dipilih dengan tepat dan dirangkai menjadi pesan pendek, petunjuk atau daftar
b. Kesimpulan dari suatu pembicaraan ditulis dengan benar menjadi suatu pesan pendek, petunjuk, atau daftar

I. Tujuan Pemelajaran:
◘ Pertemuan ke- 15
Setelah selesai proses pemelajaran siswa dapat :
- Menyimak berbagai kata-kata dipilih dengan tepat dari suatu pesan.
- Mengungkapkan, merespon dan membuat kesimpulan dari messages, directory, and list.
- Membaca pesan, petunjuk atau daftar ; menerjemahkannya, menjawab pertanyaan - pertanyaan yang berkaitan dengan pesan, petunjuk atau pesan.
- Menyusun dan melengkapi suatu message dengan tepat.



◘ Pertemuan Ke- 16
Setelah selesai proses pemelajaran siswa dapat :
- Menyimak berbagai ungkapan untuk menarik kesimpulan dari pembicaraan dan atauusulan yang diajukan dengan tepat.
- Mengungkapkan, merespon dan membuat kesimpulan pembicaraan atau dari wawancara.
- Membaca paragraf, teks yang berisi tentang sebuah kesimpulan mengenai penyebaran polusi; menerjemahkannya; menjawab pertanyaan-
pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan tersebut.
- Menyusun dan melengkapi dialog yang berisi tentang berbagai kesimpulan.
II. Materi Ajar:
◘ Pertemuan Ke-15
· Sample of short messages, directory, and lists
◘ Pertemuan Ke- 16
· Content, punctuations, and spelling
III. Metode Pemelajaran:

a. Indivual work
b. In pairs work
c. Group work
IV. Langkah-langkah Pemelajaran:
◘ Pertemuan Ke-15 dan Ke-16
a.Kegiatan Awal
· Mengecek kehadiran siswa
· Melakukan apersepsi
· Pre-test
b. Kegiatan Inti
◘ Pertemuan Ke-15 dan Ke-16
· Vocabulary Game
· Rearranging words/sentences
· Compusing short massage, directions or lists based on the situation given by the teacher
c. Kegiatan Akhir
1. Siswa diminta untuk menjawab vocabulary game
2. Siswa diminta untuk menyusun kata-kata atau kalimat
3. Siswa diminta untuk menuliskan karangan pesan pendek berdasarkan situasi yang diberikan
V.Alat/Bahan/Sumber belajar:
d. Practical English Usage
e. Global Access to the World of Work
f. Person to person
g. English for SMK (Angkasa
VI.Penilaian:
· Tes Lisan
- Menyampaikan pesan secara lisan
· Tes Tertulis
- Membuat pesan singkat dari atau petunjuk cara penggunaan alat secara tertulis



Mengetahui, Bandar Lampung, Kepala SMKN 2 Bandar Lampung Guru Mata Pelajaran




Ramli Jumadi, S.Pd., S.T Dra. Christina Widyaningsih NIP. 130930226 NIP.131661053

Tidak ada komentar: